GEOGRAFI
A. Pengertian Geografi
Salah satu
kesalahan konsep yang umum terjadi adalah memandang geografi sebagai studi yang
sederhana tentang nama-nama suatu tempat. Implikasi dari pemahaman seperti itu
menyebakan terjadinya reduksi terhadap hakekat geografi. Geografi menjadi
pengetahuan untuk menghafalkan tempat-tempat dimuka bumi, sehingga bidang ini
menjadi kurang bermakna untuk kehidupan. Geografi sering juga dipandanng
identik dengan kartografi atau membuat peta. Dalam prakteknya sering terjadi
para geograf sangat trampil dalam membaca dan memahami peta, tetapi tidak tepat
jika kegiatan membuat peta sebagai profesinya.
Kata geografi berasal dari geo=bumi, dan graphein=mencitra. Ungkapan itu pertama kali
disitir oleh Eratosthenes yang mengemukakan kata “geografika”. Kata itu berakar
dari geo=bumi dan graphika=lukisan atau tulisan. Jadi kata geographika dalam
bahasa Yunani, berarti lukisan tentang bumi atau tulisan tentang bumi. Istilah
geografi juga dikenal dalam berbagai bahasa, seperti geography (Inggris),
geographie (Prancis), die geographie/die erdkunde (Jerman), geografie/
aardrijkskunde (Belanda) dan geographike (Yunani).
Istilah geografi untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Erastothenes
pada abad ke 1. Menurut Erastothenes geografi berasal dari kata geographica
yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi. Berdasarkan pendapat
tersebut, maka para ahli geografi (geograf) sependapat bahwa Erastothenes
dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.
Pada awal abad ke-2, muncul tokoh baru yaitu Claudius Ptolomaeus
mengatakan bahwa geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian
dan seluruh permukaan bumi. Jadi Claudius Ptolomaeus mementingkan peta
untuk memberikan informasi tentang permukaan bumi secara umum. Kumpulan dari
peta Claudius Ptolomaeus dibukukan, diberi nama ‘Atlas Ptolomaeus’.
Menjelang akhir abad ke-18, perkembangan geografi semakin pesat.
Pada masa ini berkembang aliran fisis determinis dengan tokohnya yaitu seorang
geograf terkenal dari USA yaitu Ellsworth
Hunthington. Di Perancis faham posibilis terkenal dengan tokoh
geografnya yaitu Paul Vidal de la Blache, sumbangannya yang terkenal adalah “Gen re de vie”.
Perbedaan kedua faham tersebut, kalau fisis determinis memandang manusia
sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam
sekitarnya. Sedangkan posibilisme memandang manusia sebagai makhluk yang
aktif, yang dapat membudidayakan alam untuk menunjang hidupnya.
Setiap manusia memiliki pendapat masing-masing tentang berbagai
hal dalam kehidupannya. Demikian pula dengan definisi atau pengertian geografi.
Berikut ini disajikan beberapa definisi yang akan saling melengkapi dan dengan
demikian diharapkan dapat menyingkap inti masalah atau pokok kajian geografi.
Definisi 1:
|
Preston e James berpendapat
bahwa, “Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu
pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari
keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.
|
Definisi 2:
|
“Geografi adalah
interaksi antar ruang”. Definisi ini
dikemukakan oleh Ullman
(1954), dalam bukunya yang berjudul Geography
a Spatial Interaction.
|
Definisi 3:
|
Objek study geografi
adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi. Definisi ini dikemukakan oleh Maurice Le Lannou
(1959). Ia mengemukakan dalam bukunya yang berjudul La Geographie Humaine.
|
Definisi 4:
|
John Mackinder (1861-1947) seorang pakar
geografi memberi definisi geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara
manusia dengan alam sekitarnya
|
Definisi 5:
|
Paul Claval (1976)
berpendapat bahwa ‘Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi
hubungan keruangan’.
|
Definisi 6:
|
Suatu definisi yang lain adalah hasil semlok
(seminar dan lokakarya) di Semarang tahun 1988. Geografi adalah ilmu yang
mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang
kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.
|
Definisi 7 :
|
Bintarto (1977) mengemukakan, bahwa geografi
adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis
gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan
berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu
|
Definisi 8 :
|
Hasil
semlok peningkatan kualitas pengajaran geografi di Semarang (1988)
merumuskan, bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan
perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan
atau kelingkungan dalam konteks keruangan.
|
Kalau kita
perhatikan beberapa definisi/pengertian dan sejarah perkembangan dari geografi
tersebut, ternyata pengertian geografi selalu mengalami perkembangan. Namun
kalau kita kaji lebih jauh, di antara pandangan para ahli tersebut tampak ada
kesamaan titik pandang. Kesamaan titik pandang tersebut adalah mengkaji:
1. bumi sebagai tempat tinggal;
2. hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi);
3. dimensi ruang dan dimensi historis; dan
4. pendekatannya, spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).
1. bumi sebagai tempat tinggal;
2. hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi);
3. dimensi ruang dan dimensi historis; dan
4. pendekatannya, spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).
Pada definisi yang terakhir, terdapat kata bahwa geografi mempelajari persamaan dan
perbedaan fenomena geosfer. Lalu apa yang Anda ketahui tentang geosfer ?
Geosfer meliputi : atmosfer ( lapisan udara ), Lithosfer ( lapisan batuan ),
hidrosfer ( lapisan air ), Biosfer ( lapisan mahluk hidup / flora dan fauna )
dan antroposfer ( lapisan manusia )
B. Ilmu Bantu
Geografi
Berdasarkan beberapa pengertian geografi di atas, ternyata obyek
kajian geografi sangatlah luas karena mempelajari yang ada di atas permukaan
bumi, di permukaan bumi dengan segala macam aktivitas semua fenomenanya dan
interaksinya serta di bawah permukaan bumi. Oleh karena itu geografi
memerlukan ilmu bantu / penunjangnya.Di
bawah ini adalah beberapa contoh ilmu bantu / penunjang geografi
1. Geologi : yaitu ilmu yang mempelajari lapisan batuan penyususn bumi
2.Geomorfologi : yaitu
ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi dan proses terbentuknya permukaan
bumi
3. Meteorologi : yaitu
ilmu ysng mempelajari cuaca ( keadaan atmosfer pada suatu tempat yang relatif
sempit dan dalam jangka waktu yang relatif terbaras )
4. Klimatologi : yaitu
ilmu yang mempelajari iklim (keadaan atmosfer pada suatu tempat yang relatif
luas dan dalam jangka waktu yang relatif
lama )
5. Demografi : yaitu
ilmu ysng mempelajari tentang kependudukan, antara lainhubunganya dengan jumlah
dan pertumbuhan, komposisi serta migrasi penduduk
6. Hidrologi : yaitu ilmu yang mempelajari tentang lapisan air yangada di
permukaan bumi, di bawah tanah, proses terjadinya, sirkulasi dan persebaranya
7. Oceanografi : Ilmu
yang mempelajari lautan, antara lain tentang sifat air laut dan gerakan air laut
8. Botani : yaitu ilmu ysng mempelari tumbuh – tumbuhan
9. Zoologi : yaitu ilmu yang mempelajari dunia binatang dan pembuatan
klasifikasi aneka bentuk binatang
10. Astronomi : yaitu
ilmu yang mempelajari benda – benda langit atau luar angkasa seperti
matahari,bulan, bintang dan planet-planet
11. Kartografi : yaitu
ilmu yang mempelajari pembuatan peta
12. Geografi Politik : yaitu
ilmu yang mempelajari kondisi – kondisi geografik seperti batas – batas
perebaran penduduk, dan fakror-faktor yang berhubungan dengan keperluan negara
13. Sosiologi : Ilmu
yang mempelajari tentang sifat,perilaku dan perkembagan masyarakat
14. ekonomi : ilmu
yang mempelajari asas asas produksi, distribusi dan konsumsi ( pemakauan )
barang dan jasa
15. Biogeografi : yaitu
studi tentang persebaran
Istilah geografi
untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Erastothenes
pada abad ke Kata geografi bersal dari bahasa Yunani kata geo dan graphein atau gambaran. Jadi
geografi secara harfiah adalah ilmu yang mempelajari tentang pencitraan atau
gambaran tentang bumi
Pengertian geografi selalu mengalami perkembangan. Namun kalau
kita kaji lebih jauh, di antara pandangan para ahli tersebut tampak ada
kesamaan titik pandang. Kesamaan titik pandang tersebut adalah mengkaji:
1. bumi sebagai tempat tinggal;
2. hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi);
3. dimensi ruang dan dimensi historis; dan
4. pendekatannya, spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).
1. bumi sebagai tempat tinggal;
2. hubungan manusia dengan lingkungannya (interaksi);
3. dimensi ruang dan dimensi historis; dan
4. pendekatannya, spasial (keruangan), ekologi (kelingkungan) dan regional (kewilayahan).
1. Berdasarkan
pengertian geografi dari hasil Seminar dan Lokakarya di Semarang tahun
1989,berikan contoh persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dalam kehidupan
sehari – hari
2. Jelaskan beberapa
ilmu bantu geografi yang yang tersebut di bawah ini
a. geomorfologi
b. klimatologi
c. geologi
d. zoologi
e. kartografi
Contoh persamaan
dan perbedaan fenomena geosfer dalam kehidupan sehari – hari
v Persamaan
fenomena geosfer
Jakarta hujan
Bogor juga hujan
v Perbedaan
fenomena geosfer
Jakarta tidak
hujan bogor hujan
Penjelasan beberapa ilmu bantu geografi
Geomorfologi : yaitu ilmu yang mempelajari bentuk permukaan
bumi dan proses terbentuknya permukaan bumi
Klimatologi : yaitu ilmu yang mempelajari iklim (keadaan atmosfer pada suatu
tempat yang relatif luas dan dalam
jangka waktu yang relatif lama )
Geologi : yaitu ilmu yang mempelajari lapisan batuan
penyususn bumi
Zoologi : yaitu ilmu yang mempelajari dunia binatang dan pembuatan
klasifikasi aneka bentuk binatang
. Kartografi : yaitu ilmu yang mempelajari pembuatan peta
Tenaga yang mempengaruhi bentuk muka bumi
- Tenaga endogen: seisme, tektonisme, vulkanisme. Bentuk muka bumi hasil proses tektonisme bisa berupa patahan maupun lipatan. Patahan adalah bentuk muka bumi yang antar lapisan batuannya sudah tidak sejajar lagi.
- Tenaga eksogen: erosi, sedimentasi, pelapukan
Proses interaksi sosial
- asosiatif: asimilasi, kerja sama, akomodasi
- disosiatif: konflik, kompetisi, kontravensi
Bentuk muka bumi sangat berpengaruh terhadap kehidupan
- pantai, selain untuk pemukiman juga dapat dijadikan sebagai obyek wisata, kegiatan perikanan, perdagangan, kawasan industri, dan pelabuhan.
- dataran rendah, selain untuk pemukiman juga cocok untuk kegiatan pertanian, industri, dan perdagangan.
- dataran tinggi, selain cocok untuk pemukiman juga dapat dijadikan obyek wisata dan usaha perkebunan.
Bagian dari atmosfer dan manfaatnya
- neon dan argon untuk mengisi bola lampu
- ozon untuk melindungi bumi dari sinar ultra violet
- helium untuk mengisi balon udara
- oksigen untuk bernafas
- uap air untuk kebutuhan seluruh makhluk hidup
- nitrogen untuk tanaman dll.
Masalah penduduk di Indonesia dan upaya untuk menanggulanginya
- Pertumbuhan yang relatif pesat diatasi dengan program KB
- Kepadatan yang kurang merata diatasi dengan program Transmigras
- Tingkat kesehatan yang rendah diatasi dengan Puskesmas Keliling, Posyandu, Askes dll.
- Tingkat pendidikan yang rendah diatasi dengan program Beasiswa, Sekolah Gratis, Wajar 9 Tahun, Sekolah Terbuka, Ujian Persamaan, BOS, Kejar Paket dll.
Masalah lingkungan dan upaya menanggulanginya
- Kerusakan hutan: Undang-Undang, penambahan Polsus Kehutanan
- Penggundulan hutan: reboisasi
- Daerah gersang, erosi, tanah longsor: penghijauan
- Pencemaran udara: mengurangi penggunaan AC, filter asap pabrik, BBM alternatif dll.
- Pencemaran air dan tanah: membuang sampah di tempatnya, daur ulang limbah dll.
Permasalahan kependudukan
di Indonesia dan dampaknya
- Pertumbuhan masih relatif tinggi, berdampak jumlah penduduk banyak
- Persebaran tidak merata, berdampak pembangunan tidak merata
- Kesejahteraan rendah, berdampak putus sekolah, kesehatan rendah, kematian tinggi
- Lapangan kerja sedikit, berdampak pengangguran
Upaya pencegahan penyimpangan sosial dapat dilakukan melalui
- saudara
- keluarga
- guru BK
- guru agama
- teman dekat
- tokoh masyarakat
- lingkungan di mana pelaku tinggal
Di antara mereka, yang paling efektif dalam mengendalikan
penyimpangan adalah yang memiliki hubungan paling dekat, misal keluarga
Contoh pranata sosial dan fungsinya
- Pranata keluarga: memenuhi kebutuhan biologis, reproduksi, sosialisasi, afeksi, penentu status, perlindungan dan ekonomi. Keluarga terbagi menjadi keluarga batih dan luas
- Pranata agama: pengatur kehidupan rohani manusia. Contoh: agama Islam mewajibkan umatnya untuk sholat
- Pranata ekonomi: mengatur kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Contoh: kegiatan industri berfungsi menghimpun sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan
- Pranata pendidikan, menerangkan supaya seseorang dapat berguna di masyarakat
- Pranata politik, mengatur kehidupan khususnya tentang pemerintahan
Bentuk pengendalian sosial dan contohnya
- yang bersifat preventif:
- guru menyuruh siswanya belajar agar lulus ujian sehingga tidak putus sekolah
- guru BK mengembangkan rasa takut sehingga siswa tidak berani melanggar aturan
- orang tua membimbing anaknya agar tidak berbuat jahat pada orang lain
- yang bersifat kuratif:
- polisi menetapkan denda kepada pelanggar lalu lintas
- hakim menetapkan hukuman penjara kepada pencuri sepeda
- sekolah memberi skors kepada siswanya yang lama tidak masuk tanpa izin
Ciri-ciri suatu negara digolongkan masih berkembang apabila
- sistem kerja yang ada bersifat turun temurun
- mulai mengenal teknologi untuk lebih produktif
- masyarakatnya mulai gemar menabung di lembaga keuangan
Ciri-ciri suatu negara digolongkan sudah maju apabila
- daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya sangat tinggi
- kegiatan ekonomi didominasi oleh sektor industri dan jasa
- masyarakatnya sudah mapan dalam berbagai segi kehidupan (kesehatan, pendidikan dll)
Berikut adalah tahapan-tahapan perkembangan suatu negara
- Tradisional
- Prakondisi lepas landas
- lepas landas
- gerak menuju kematangan
- konsumsi masa tinggi
Perubahan nilai sosial dalam masyarakat difasilitasi
- sekolah
- keluarga
- media massa
- teman sebaya
- sistem transportasi
- lingkungan pergaulan
- lingkungan tempat tinggal
Di antaranya yang paling efektif sebagai fasilitator dalam
merubah nilai sosial dalam masyarakat adalah peranan media massa
Sikap masyarakat terhadap munculnya budaya-budaya asing sebaiknya selektif, yakni menerima dengan mempertimbangkan baik
dan buruknya, manfaat dan tidaknya budaya asing tersebut. Kita jangan dulu
apriori, menolak mentah-mentah, menerima apa adanya, apalagi sampai menimbulkan
adanya korban.
Macam-macam pola pemukiman penduduk
- Menyebar: misal di dataran rendah
- Mengelompok: misal di gurun
- Linier: misal di pinggir jalan kereta, pinggir sungai, sepanjang pantai
Anggota ASEAN dan ciri khasnya
- Indonesia: secara geografis paling selatan dan timur serta paling luas, berpenduduk paling banyak
- Singapura: secara geografis paling kecil negaranya, memiliki penduduk paling padat, secara sosial ekonomi paling maju
- Myanmar: secara geografis paling barat dan utara
- Laos: satu-satunya yang tidak memiliki pantai
- Filipina: dilalui Sirkum Pasifik, bahasa asli Tagalok, kepulauan, banyak hujan
Persamaan dan perbedaan Indonesia dan Jepang
- Persamaan:
- terletak di Benua Asia
- banyak hujan
- kelembaban tinggi
- berbentuk kepulauan
- dilalui Sirkum Pasifik
- bergunung-gunung dan tanah vulkanis
- Perbedaan:
- Indonesia tropis, Jepang subtropis dan sedang
- Indonesia dua musim, Jepang empat musim
- Indonesia memiliki hutan hujan tropis, Jepang tidak
- Indonesia lebih luas dari Jepang
Karena merupakan benua yang sangat luas, maka Afrika utara bagian tengah dan selatan bagian tengah terdapat gurun.
Hal ini disebabkan karena angin laut sulit menjangkau daerah tersebut. Oleh
karena itu wilayah tersebut memiliki kelembaban sangat rendah (kering), sedikit
hujan (bahkan ada yang tidak pernah sama sekali), perbedaan suhu sangat besar.
Beberapa negara di Afrika
- Mesir: terletak di timur laut, dekat Laut Tengah dan Laut Merah, beribukota Kairo
- Kenya: terletak di bagian timur, menghadap Samudera Hindia, beribukota Nairobi
- Nigeria: terletak di bagian barat menghadap selatan, beribukota Abuja
- Somalia: terletak di bagian timur menghadap Samudera Hindia, beribukota Mogadishu
Pegunungan di Benua Amerika
- Amerika Utara bagian barat: Rocky, Sierra Madre, Coast, Cascade, Sierra Nevada
- Amerika Utara bagian timur: Appalachian
- Amerika Tengah: Sierra Madre Occidental, Sierra Madre Oriental
- Amerika Selatan: Andes
Letak Benua Amerika
Secara astronomis, Benua Amerika, berdasarkan letak bujurnya, seluruhnya ada di bujur barat. Oleh karena itu, negara-negara di Benua Amerika secara otomatis juga berada di bujur barat. Sedangkan secara lintang, garis lintang nol melewati beberapa negara seperti: Ecuador, Colombia dan Brazil
Secara astronomis, Benua Amerika, berdasarkan letak bujurnya, seluruhnya ada di bujur barat. Oleh karena itu, negara-negara di Benua Amerika secara otomatis juga berada di bujur barat. Sedangkan secara lintang, garis lintang nol melewati beberapa negara seperti: Ecuador, Colombia dan Brazil
Hasil tambang utama Belanda adalah gas alam yang terdapat di wilayah Goningen. Tambang lain
yang terdapat di Belanda adalah batu bara dan minyak bumi
Australia merupakan benua terkecil. Benua ini merupakan satu negara yang terdiri dari:
- Australia Barat dengan ibukota Perth
- Australia Utara dengan ibukota Darwin
- Queensland dengan ibukota Brisbane
- New South Wales dengan ibukota Sydney
- Victoria dengan ibukota Melbourne
- Australia Selatan dengan ibukota Adelaide
- Tasmania dengan ibukota Brisbane
Karakteristik samudera di dunia
- Pasifik: paling luas, terletak antara Asia, Amerika dan Australia, terdapat arus Oyasiwa dan Kurosiwo, tempat batas tanggal internasional
- Atlantik: terluas kedua, terletak antara Amerika, Eropa dan Afrika, terdapat arus Labrador dan Gulfstream
- Hindia: terletak antara Afrika, Asia, dan Australia, mendatangkan hujan bagi Indonesia
- Artik: terletak di Kutub Utara, mendatangkan arus dingin bagi Eropa, Asia dan Amerika
0 komentar:
Posting Komentar